CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 30 Oktober 2008

Duel pistol

Duel pistol, seperti halnya dengan jenis-jenis duel yang lain, biasa dilakukan untuk membela kehormatan baik pribadi maupun kelompok.Bahkan duel pistol memiliki aturan tersendiri.Aturan tersebut dibuat oleh sekelompok Irishmen pada tahun 1777 yang disebut Kode Duello. Kode Duello memiliki 26 peraturan yang spesifik terkait duel pistol.


Aturan dalam duel pistol adalah sebagai berikut.Para pelaku duel akan diberi pistol berpeluru tajam dan diperintahkan berdiri saling membelakangi pada jarak tertentu. Setelah jarak ditentukan kedua pelaku lalu berdiri secara berhadapan. Jarak antara kedua peduel ditentukan oleh pedang. Dari garis coretan pedang itulah kedua peduel menunggu aba-aba. Perintah menembak umumnya diberikan dengan cara menjatuhkan sapu tangan. Begitu aba-aba diberikan, para pelaku duel mulai menembak.

Duel bisa berakhir jika salah satu pelaku terluka, dan pelaku lainnya merasa puas. Tapi syarat untuk mengakhiri duel tergantung kesepakatan. Bisa saja sampai salah satu pelaku terluka parah atau sampai mati. Namun duel memakai lebih dari satu peluru dianggap biadab dan tidak mencerminkan sikap gentleman.

Para peduel biasa menggunakan tipe kaliber besar Hamilton and Burr flintlock pistol. Ini berlangsung dari tahun 1750-1850.




Sangat sulit untuk menghindari duel pistol. di Amerika, bila ada seseorang yang menolak untuk duel tanding, orang itu akan disebut pengecut. Bahkan hal itu akan diberitakan di koran dan tempat-tempat umum.

0 komentar: